• Generasi #1

    Masa produksi: 1975-1981 Bentuk kerangka: Pikap 2 pintu Mesin: 1.2 L (1,166 cc) 3K bensin Transmisi: manual 4 percepatan

  • Generasi #2

    Masa produksi: 1981-1986 Bentuk kerangka: Pikap 2 pintu (Kijang KF20 Pick Up), MPV 4 atau 5 pintu (Kijang KF20 Minibus) Mesin: 1.3 L (1,290 cc) I4 4K bensin, 1.5 L (1,486 cc) I4 5K bensin (1985-1986) Transmisi: manual 4 percepatan.

  • Generasi #3

    Masa produksi: 1986-1997 Bentuk kerangka: Pikap 2 pintu (Kijang KF20 Pick Up), MPV 4 atau 5 pintu (Kijang KF20 Minibus) Mesin: 1.5 L (1,486 cc) I4 5K bensin (1986-1995), 1.8 L (1,781 cc) I4 7K bensin (1992-1996) Transmisi: manual 4 dan 5 percepatan, otomatis 4 percepatan Varian/Kode: Kijang KF50 Pick Up, Toyota Kijang SSX (KF42), Toyota Kijang 1.8 Grand Extra (KF52)

  • Generasi #4

    Masa produksi: 1997-2004 Bentuk kerangka: Pikap 2 pintu, MPV 5 pintu Mesin: 1.8 L (1,781 cc) I4 7K-C bensin OHV (1997-1999), 1.8 L (1,781 cc) I4 7K-E bensin SOHC (1999-2005), 2.0 L (1,998 cc) I4 1RZ-E bensin SOHC (1999-2005), 2.4 L (2,446 cc) I4 2L diesel (2000-2005) Transmisi: manual 5 percepatan, otomatis 4 percepatan Tipe: Toyota Kijang LSX (KF82), Toyota Kijang LGX 2003 (facelift)

  • Generasi #5

    Masa produksi: 2004-Sekarang Bentuk kerangka: MPV 5 pintu Platform: IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) Mesin: 2.0 L (1,998 cc) I4 1TR-FE bensin DOHC, 2.7 L (2,694 cc) I4 2TR-FE bensin DOHC, 2.5 L (2,494 cc) I4 2KD-FTV turbodiesel

KijangKu

balada si #KidangWesi

Super Mudik [pake] Kijang Super

Gak tiap tahun KijangKu diajak mudik. Mudik Lebaran bagi kami bukan ritual wajib tiap tahun.

Perjalanan Jakarta-Magelang jelang Lebaran bak pindah tempat tinggal dari rumah ke mobil (KijangKu). Maka KijangKu pun di set seperti rumah, ada ruang depan yang menghadap jalan, ruang tengah lengkap dengan perangkat entertainment, terakhir kamar tidur + bantal + guling. Yang gak mungkin bikin kamar mandi...

ruangdepan

Standar Kijanglah, tambahannya: Peta Mudik, tempat sampah, e-Toll Card (biar pake mobil tua, tapi jangan sampe ketinggalan teknologi)...

gpsalatablet

... sama tablet anti mabok, eh... tablet anti nyasar... Hehe...

mudik2013b

Entertainment di ruang tengah, pake netbook...

mudik2013d

Headrest monitor 10"... Jarang ada di pasaran neeeh...

mudik2007

Kamar tidur merangkap gudang. Inilah asyiknya model jok lipat berhadapan. Buka joknya, taruh barang bawaan yang gak dibongkar di jalan sebatas jok, alasi selembar papan/multipleks minimal 9mm, kasur palembang + seprei + bantal + guling = ...

mudik2013a

... kamar VIP buat adik balita.

Jangan lupa, pintu belakang dikunci pol ke kanan, supaya kunci gak bisa dibuka / ditarik dari dalam.

kuncikanan

Selamat Mudik ...

 

Blusukan Babat Alas ke Puncak

Semua pasti paham betapa macetnya jalur Puncak dari Ciawi - Cisarua dst. Namun ada acara family gathering tanggal 1 - 2 Mei 2015 di Lembah Hijau, Ciloto yang sayang kalo dilewatkan. Jum'at tanggal merah kemacetan pasti parah!

Browsing sana-sini, ketemu info ini. Konsul via fb akhirnya diputuskan lewat jalur alternatif dari Citeureup - Cibadak - Sukamulya - Sukamakmur - Ciherang - Arca - Loji - Kota Bunga. Ini bagi kami traveling blusukan babat alas, jalur yang baru sekali itu diblusuki.

petaciteureupciloto

Mau coba ? Ini gambaran umumnya:

  • kondisi jalan secara umum masih layak untuk MPV apalagi SUV, gak cocok buat sedan. Ada badan jalan yang kaya kali kering
  • ada 1 lokasi yang tepinya longsor di tikungan (antara Cibadak - Sukamulya), mobil masih bisa lewat
  • gak macet, itu pasti. Jalan sepi tapi gak sepi-sepi amat sih... Keliatannya dah jadi langganan SUV kalo jalur Ciawi - Puncak macet parah
  • gak ada SPBU, yang ada bensin botolan di beberapa perkampungan
  • gak nemu bengkel mobil, pastikan kondisi mobil ok: mesin, rem, kopling jangan sampe trouble
  • perlu skill pengendara yang mumpuni. Beberapa tanjakan curam menikung tajam pula...

Yuk, kita blusuki...

Dari arah Jakarta bisa keluar toll Gunung Putri atau Citeurep. Kalau keluar Citeureup, harus memutar karena jalan satu arah. Setelah lewati Pasar Citeureup yang macet itu, ketemu perempatan, ambil jalan lurus (Jl. Pahlawan). Sekitar 1.5 km ketemu pertigaan, belok kiri masuk Jl. Branta Mulia sampe ke pertigaan Jl. Raya Tajur belok kanan.

altpck1a

Ikuti Jalan Raya Tajur, lewati Kebun Wisata Pasir Mukti sampe pertigaan Jonggol - Hambalang (±3.5 km). Ambil lurus ke arah Sukamakmur/Jonggol dan petualangan pun dimulai !

Jalan masuknya seperti masuk ke pasar, jangan ragu/kaget kalo jalan agak sempit dihiasi deretan kios, lapak, sepanjang ±100 meter. Memang begitu dan itulah jalannya...

Beginilah kondisi sampai ke Sukamakmur:

altpck2

altpck3
Lumayan kan jalannya... ?

altpck4
Eit, jangan ngebut ya... Kita goyang-goyang dulu lah... cuma 500 meteran koq...

Sukamakmur - Ciherang, banyak naik turun mengikuti kontur bukit:

altpck5

altpck6
Lewat satu-satu ya...

Etape terakhir, perkebunan Arca - Kota Bunga:

altpck7
Jangan kuatir, ini cobaan "terakhir". Cuma 1 km aja...

altpck8
Ada yang sempit.

altpck9
Ada yang becek.

altpck10
Sabar bro... Gak selamanya jalannya begini koq...

altpck11
Akhirnya bisa pake gigi 4 - 5 !

altpck12
Puncak dah keliatan baunya !

altpck13
Eit, jangan seneng dulu, masih ada yang beginian...

altpck14
Sedikit lagi...

altpck15
Alhamdulillah. Akhirnya, Jalan Raya Loji - Kota Bunga !

http://artonortega74.blogspot.com/2013/12/jalur-alternatif-dari-jakarta-ke-puncak.html
Pertigaan jalur Puncak - Cianjur

altpck16
Blusukan babat alas sampai di sini.

Jalur Wisata yang Tersembunyi

Kalo Anda punya banyak waktu, ada tempat peristirahatan dan beberapa curug (air terjun) di jalur ini yang siap dinikmati. Dua diantaranya:


Curug Ciherang


Curug Cipamingkis

Happy Traveling !!!

Sumber Gambar: