• Generasi #1

    Masa produksi: 1975-1981 Bentuk kerangka: Pikap 2 pintu Mesin: 1.2 L (1,166 cc) 3K bensin Transmisi: manual 4 percepatan

  • Generasi #2

    Masa produksi: 1981-1986 Bentuk kerangka: Pikap 2 pintu (Kijang KF20 Pick Up), MPV 4 atau 5 pintu (Kijang KF20 Minibus) Mesin: 1.3 L (1,290 cc) I4 4K bensin, 1.5 L (1,486 cc) I4 5K bensin (1985-1986) Transmisi: manual 4 percepatan.

  • Generasi #3

    Masa produksi: 1986-1997 Bentuk kerangka: Pikap 2 pintu (Kijang KF20 Pick Up), MPV 4 atau 5 pintu (Kijang KF20 Minibus) Mesin: 1.5 L (1,486 cc) I4 5K bensin (1986-1995), 1.8 L (1,781 cc) I4 7K bensin (1992-1996) Transmisi: manual 4 dan 5 percepatan, otomatis 4 percepatan Varian/Kode: Kijang KF50 Pick Up, Toyota Kijang SSX (KF42), Toyota Kijang 1.8 Grand Extra (KF52)

  • Generasi #4

    Masa produksi: 1997-2004 Bentuk kerangka: Pikap 2 pintu, MPV 5 pintu Mesin: 1.8 L (1,781 cc) I4 7K-C bensin OHV (1997-1999), 1.8 L (1,781 cc) I4 7K-E bensin SOHC (1999-2005), 2.0 L (1,998 cc) I4 1RZ-E bensin SOHC (1999-2005), 2.4 L (2,446 cc) I4 2L diesel (2000-2005) Transmisi: manual 5 percepatan, otomatis 4 percepatan Tipe: Toyota Kijang LSX (KF82), Toyota Kijang LGX 2003 (facelift)

  • Generasi #5

    Masa produksi: 2004-Sekarang Bentuk kerangka: MPV 5 pintu Platform: IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) Mesin: 2.0 L (1,998 cc) I4 1TR-FE bensin DOHC, 2.7 L (2,694 cc) I4 2TR-FE bensin DOHC, 2.5 L (2,494 cc) I4 2KD-FTV turbodiesel

KijangKu

balada si #KidangWesi

Intermittent Wiper, Apaan Tuh ?

itu... Buat ngatur interval penyalaan wiper, biar kayak mobil jaman sekarang. Interval apa sich? Wiper apa sich? Au ah, pasti dah tau dong...

Ayo, jangan kalah sama mobil keluaran tahun 2000an. Dengan skema sederhana ini, kita bisa enjoy di hujan gerimis, gapake mainin switch wiper lagi. Tinggal putar potensionya buat atur jeda penyalaan wiper. Ini skemanya.

skema intermittnetwiper

Skema ini menggunakan IC timer 555. Jika sulit didapat, IC LM555 dapat diganti dengan NE555. Untuk resistor juga dapat diganti dengan nilai yang mendekati 1 tingkat di bawah atau di atasnya. Dua buah lampu Led (L-OFF dan L-ON) hanya untuk indikator, dapat dibuang beserta masing-masing resistor 2K yang terhubung. Potensiometer saya pake yang 500Ω. Makin besar nilainya, bisa di setel makin lama intervalnya.

Implementasi

Masih cukup ruang di dalam konsol stir. Konsol stir dibuka,

modul diikat di batang stir.

Empat kabel untuk A, B, C dan D (pada skema). A dan B untuk ke potensiometer, C ke switch arus +12V, D ke body.

E dan F di-jumper (mau mutusin kabel gak tega...) ke switch wiper untuk kecepatan rendah. Yang to automatic wiper parking position tidak saya pakai

Hasilnya...

 

Satu masalahnya, kalo relay modul aktif, kelistrikan mobil ngedrop sedikit. Walau gak sampe mengganggu mesin, ini p.r. yang belum selesai sampe sekarang.

Silakan dicoba, ditunggu komen+sarannya...

Grill AC Ngaplek

Yuk, Perbaiki Grill AC

Grill AC (ada yang bilang: angin-angin) yang sudah lanjut usia biasanya patah di bagian “pegangannya”. Seperti yang dialami blower tengah KijangKu. Kalau sudah patah, posisi grill akan jatuh (ngaplek). Perbaikan secara instan bisa diganjal dengan tusuk gigi atau koin recehan. Ada cara lain untuk perbaikan permanen dengan memanfaatkan sendok susu bayi.

Alat dan Bahan:

grillrep1

  • ·Gunting
  • ·Lem instan
  • ·Sendok susu bayi, 2 buah untuk 1 grill
  • ·Grill yang akan diperbaiki

grillrep2

Potong sendok susu seperti gambar di atas. Bagian yang dipakai cuma yang ada lubangnya.

grillrep3

Ratakan sisi yang menonjol untuk mengurangi ketebalan.

grillrep4

Atur bentuknya dan perbesar lubang yang paling besar.

grillrep5

Berikan lem instan

grillrep6

grillrep7

grillrep8

Tempelkan di kiri dan kanan untuk mengganti “pegangan” yang patah.

4188946194 c0a3008d16 m

Selesai… Gak ngaplek lagi…

Selamat ngoprek, semoga bermanfaat.

sendoksusu

Masih punya banyak neeeh... Sapa mau ...?